Sejarah Desa

Desa Pucanganom dilihat dari segi geografisnya yang tepat dan strategis yang berbatasan langsung antar 2 kecamatan yaitu : Pracimantoro dan Giriwoyo dengan tanahnya yang datar dengan transportasi yang mudah dijangkau, dengan penduduk yang berjumlah besar memiliki SDM yang memadahai dan tenaga yang potensial serta profesional akan memungkinkan sekali rencana pembangunan yang kita harapkan dapat terwujud secara bertahap. Dengan didukung dengan faktor – faktor yang memadai maka masyarakat Desa Pucanganom akan cepat tanggap dengan adanya program RPJMDes Tahun 2011 – 2015 mendatang.

Tentang sejarah Desa Pucanganom, pada awalnya dahulu Desa Pucanganom terdiri dari gabungan 3 Desa, yaitu :

  1. Desa Banjar yang Kepala Desanya berkedudukan di Dusun Banjar.
  2. Desa Sawit Kepala Desanya berkedudukan di Dusun Pendem.
  3. Desa Ploso Kepala Desanya berkedudukan di Ploso.

Selanjutnya pada tahun 1933 yang dahulu disebut Asisten Wedana yang dijabat oleh             Bp. Sumarjuna, seluruh Kecamatan Giritontro terdiri dari 33 Desa. Dari sejumlah 33 Desa itu atas prakarsa Bp. Sumarjuna perlu dirampingkan dan diperkecil menjadi 15 Desa. Dalam penggabungan khususnya Desa Pucanganom yang terdiri dari Desa Banjar, Desa Sawit dan Desa Ploso atas kesepakatan para tokoh masyarakat di ketiga Desa tersebut telah sepakat untuk digabungkan menjadi satu. Mengenai nama Desa yang telah tergabung ini atas hasil mufakat dari para tokoh dan warga masyarakat diberi nama Desa Pucanganom.

Diambilkan dari nama suatu pohon yang banyak tumbuh dan subur disuatu Dusun yaitu pohon Jambe ( Pucang ). Sedangkan Anom berasal dari asal Enom yang berarti muda. Pada waktu itu tanaman Pucang banyak tumbuh dengan subur dari desa yang baru. Maka desa itu dinamakan Desa Pucanganom. Selanjutnya pada saat itu Tahun 1933 Bp. Asisten Wedana mengangkat                  Bp. Dosemito untuk memegang jabatan Kepala Desa Pucanganom yang pertama kali.

Untuk selanjutnya perlu diketahui bahwa para pejabat Kepala Desa Pucanganom sejak pertama sampai sekarang adalah sebagai berikut :

  1. Dosemito
  2. Noyodikromo
  3. Atmorejo
  4. Kartorejono
  5. Martosuparno
  6. Ngadelan
  7. Sutiman
  8. Tumin
  9. Sukino

Demikian sekilas sejarah singkat Desa Pucanganom, semoga menjadi ulasan dan bisa bermanfaat bagi kita semua.

Facebook Comments