Musrenbangdes Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Pucanganom

Pucanganom-  Pembangunan merupakan salah satu aspek penting dalam mewujudkan program pemerintah khususnya di tingkat desa. Bertempat di Pendopo Balai  Desa Pucanganom. Pemerintah Desa Pucanganom Selasa, 15 Oktober 2019 menyelenggarakan Musyawarah  Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun Anggaran 2020. Hal ini diselenggarakan sesuai agenda yang telah dijadwalkan oleh Pemerintah Kecamatan Giritontro walaupun dalam pelaksanaan mundur dari jadwal yang telah ditetapkan karena beberapa kendala.

Kepala Desa Pucanganom, Bapak Sukino menyambut kedatangan Tim dari Kecamatan Giritontro, yang dihadiri oleh Camat Giritontro Fredy Sasono, AP. MM. bersama dengan tim, sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa bahwa desa wajib membuat Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) yang merupakan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) sebagai dokumen perencanaan pembangunan desa secara partisipatif melalui forum musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrenbangdes) dengan melibatkan pemangku kepentingan sebagai wujud meningkatkan kualitas sistem perencanaan desa yang merupakan bagian integral dari sistem perencanaan pembangunan daerah dan nasional.

Mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 11 Tahun 2019 telah disusun skala prioritas kegiatan yang akan ditetapkan dalam RKP Desa Pucanganom Tahun Anggaran 2020. Dalam usulan yang telah direkap telah menyerap usulan dari masyarakat yang terbagi menjadi 4 kegiatan penganggaran :

  1. Bidang Pemerintahan : 11 (sebelas) kegiatan
  2. Bidang Pembangunan : 17 (tujuh belas) kegiatan
  3. Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa : 11 (sebelas) kegiatan
  4. Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa : 5 (lima) Kegiatan

Dalam musyawarah juga terdapat beberapa usulan baru yang diprioritaskan dan diinventarisir untuk dimasukkan dalam RKP Desa yang sebelumnya belum masuk dalam inventarisasi usulan RPJMDes. Menurut camat Giritontro ada beberapa hal yang menjadi tujuan dari musyawarah yang dilaksanakan, adapun yang menjadi tujuan pelaksanaan musrenbang desa adalah :

  1. Pembahasan Skala Prioritas Program dan kegiatan Pembangunan untuk Tahun 2020
  2. Pembahasan Usulan Pembangunan ke Supra Desa untuk Tahun 2021
  3. Penunjukan Delegasi Desa
  4. Pembahasan Draf Rancangan RKP Desa Tahun 2020

Adapun susunan acara dibuka oleh pembawa acara, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutan dengan sambutan dari Kepala Desa Pucanganom, Ketua BPD, serta dari Camat Giritontro. Usai sambutan, dilanjutkan dengan pemaparan matrik rancangan RKPDesa dari panitia penyelenggara musrenbang dan di lanjutkan dengam rembug di masing- masing bidang untuk mengoreksi tentang usulan – usulan yang menjadi skala prioritas maupun usulan yang belum tercover untuk  dapat di masukan dan ditetapkan dalam RKP Desa Tahun Anggaran 2020.  (m/10)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan