Sistem Informasi Desa (SID) dalam Rangka Percepatan Informasi di Desa

Giritontro, Pucanganom– Konsekuensi dari adanya pagu anggaran yang besar di desa berimplikasi dengan informasi yang harus diberikan kepada masyarakat. Terkait keterbukaan data dan juga transparansi pengunaan anggaran khususnya yang digunakan untuk pembangunan desa. Hal tersebut yang mendorong desa haruslah ditunjang oleh sistem informasi yang terarah dan terpogram. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut Dinas PMD Kabupaten Wonogiri bersama dengan Fasilitator di tingkat Kabupaten mengadakan monitoring dan evaluasi terkait progres “Sistem Informasi Desa (SID)” di Desa Pucanganom (29/10).  Dalam monev tersebut fasilitator kabupaten menyampaikan bahwa SID mempunyai potensi yang sangat penting ke depan, erat kaitannya dengan penyelenggaraan informasi dan layanan kependudukan, data kemiskinan, informasi keuangan desa, serta pengelolaan data profil desa yang bersangkutan.

Dalam ruang lingkup SID terdapat 2 hal pokok yang itu semua menjadi kesatuan di dalamnya. Pertama, terkait web desa. Yang menurut Fasilitator Kabupaten yang akrab di sapa Mas Satya, bahwa dalam web desa berisi tentang informasi kegiatan, sosialisasi program desa dan juga promosi produk unggulan desa.  Kedua, dashboard informasi datadesa yang digunakan untuk mengelola data terkait kependudukan, kemiskinan, keuangan dan profil desa masing-masing. Yang itu semua diprogramkan ke depan akan terintegrasi dengan database dari dinas-dinas terkait. Sehingga melalui SID diharapkan pula dapat membangun kemandirian desa. Untuk pelaksanaan program SID tentunya dibutuhkan SDM dan juga penunjang yang lain termasuk jaringan data internet.

Saat berbicara tentang program berbasis jaringan akan muncul pertanyaan “seberapa kuat kualitas internet yang ada dan digunakan ?”. Untuk menunjang kelancaran di Desa Pucanganom bekerja sama dalam pengadaan fasilitas internet dengan pihak swasta di wilayah kecamatan Giritontro.

Akhirnya, diharapkan bahwa dengan pendampingan dan juga monitoring yang dilakukan akan menggiring percepatan sistem informasi melalui progres Sitem Informasi Desa (SID) yang dikembangkan ke depannya.

cof

Sehingga informasi terkait perkembangan desa dan pembangunan yang dilaksanakan bisa dikatehui oleh masyarakat. (mu)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan