Pembangunan Desa berbasis “Gotong Royong”

Giritontro, Pucanganom.sideka.id – Desa merupakan perwujudan atau kesatuan geografi, sosial, ekonomi, politik dan kultural yang terdapat di situ (suatu daerah) dalam hubungannya dan pengaruhnya secara timbal-balik dengan daerah lain. Tak bisa dipungkiri bahwa kemajuan desa dipengaruhi oleh bebrapa faktor penting salah satunya pembangunan, baik itu fisik maupun non fisik.
Dana desa sebagai salah satu sumber pagu anggaran saat ini sangat berpengaruh besar dalam hal pembangunan fisik yang berkorelasi terhadap hasil pembangunan infrastruktur desa yang notabene sangat lamban dalam perjalanannya khususnya pembangunan di Desa Pucanganom sebelum adanya sumber dana yang besar seperti Dana Desa.
Tahun 2018 ini pembangunan di Desa Pucanganom yang berasal dari Dana Desa terdiri dari 24 kegiatan pembangunan infrastruktur, yang meliputi kegiatan rabat jalan, makadam jalan, dan talud. Pelaksanaan kegiatan pembangunan tersebut ditangani oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Pucanganom dalam hal pengadaan barang dan jasa. Pengelolaan dana dalam pembelanjaan material dan upah tenaga diselenggarakan secara maksimal dan setransparan mungkin.

Pembangunan desa tak hanya mendorong kemajuan insfrastruktur, akan tetapi membina dan juga melestarikan budaya gotong royong yang telah ada dalam masyarakat. Budaya yang selalu mengingatkan kita, bahwasanya sebuah keinginan dan juga keberhasilan tak akan bisa terwujud tanpa adanya kerja sama di dalamnya. Sebuah keberhasilan juga tak akan ada jika harus saling menjatuhkan karena itu hanya akan berujung kegagalan. (mu/2)
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan